MAPCLUB

Kamis, 24 Januari 2013

Karya Ilmiah


KARYA ILMIAH
PENGARUH INTERNET TERHADAP PERKEMBANGAN REMAJA
BAB I
PENDAHULUAN

 
  1. Latar Belakang
    Internet adalah sistem global dari seluuh jaingan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protokol Suite ( TCP / IP ) untuk melayani pengguna di seluruh dunia.
    Internet pada beberapa tahun belakangan ini menjadi trend di dalam masyarakat hampir semua sisi kehidupanada disana. Dari golongan masyarakat tak terdidik hingga masyarakat intelektual tinggi menetahuinya.
    Tetapi dikala meroketnya internettimbu dampak positif dan dampak negatinya dalm kehidupan. Namun dalam dampak tersebut remajalah yang banyak menjadi korban. Karena remaja merupakan masa peralihan dimana remaja tersebut berlomba – lomba untuk mencari identitas diri.


    Berbagai dampak positif dan negative banyak menghantui mereka dalam berinternet, sehingga tidak sering ita melihat dampak – dampak tersebut di sekeliling kita.
    Berdasarkan hal tersebut kami akan melakukan pengamatan dan memberikan solusi terhadap masalah tersebut dengan menggunakan metode sosiologis, globalisasi, ekonomis, dan manfaat hal tersebut.
  2. Rumusan masalah
    Berdasarkan rumusan diatas, dijumpai masalah sebagai berikut :
    1. Apasajakah dampak internet untuk perkembangan remaja?
    2. Bagaimanakah manfaat internet terhadap remaja?
  3. Tujuan Penelitian
    Berdasarkan rumusan di atas, tujuan karya ilmiah ini adalah :
    1. Mendiskripsikan dampak internet untuk perkembangan remaja?
    2. Menjelaskan manfaat internet terhadap remaja?
  4. Manfaat Penelitian
    1. Bagi remaja, sebagai dasar dalam menggunakan internet dengan baik dan benar.
    2. Bagi penulis, sebagai acuan dan sarana belajar tentang internet serta sebegai pelengkap nilai tugas bahasa Indonesia.
  5. Sistematika Penulisan
    Bab I ( Pendahuluan ) penulis menjelaskan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan yang di gunakan dalam karya ilmiah tersebut.
    Bab II ( Landasan Teoritis ) berisian dasar – dasar yang akan dijadikan pedoman dalam penulisan. Bab III ( Metode Penelitian ) menjelaskan tentang tempat dan waktu penelitian, subjek penelitian, instrument penelitian dan prosedur penelitian.
    Bab IV ( Hasil Penelitian ) berisikan tentang hasil kerja dalam penelitian tersebut. Bab V ( Penutup ) menjelaskan tentang kesimpulan dan saran yang dibuat penulis. Serta daftar pustaka yang berisi sumber –sumber yang mendukung karya ilmiah tersebut.

 

BAB II
LANDASAN TEORITIS

 
  1. Internet
    1. Secara Harfiah
      Ialah system global dari seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protokol Suite ( TCP / IP ) untuk melayani pengguna di seluruh dunia.
    2. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia tahun 1995 halaman 543
      Adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan computer dan fasilitas computer yang terorganisasi diseluruh dunia melalui telepon satelit.
    3. Menurut Khoe Yao Tung
      Adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.
  2. Perkembangan
    1. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia tahun 1995 halaman 662
      Ialah perihal berkembang, sedang berkembang adalah menjadi besar ; memuai ; menjadi tambah sempurna
  3. Remaja
    1. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia tahun 1995 halaman 1160
      Ialah mulai dewasa ; sudah sampai umur untuk kawin.
    2. Menurut Calon
      Masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remajabelum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak.
    3. Menurut psikologi
      Adalah suatu periode transisi dari masa awal anak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira – kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 hingga 22 tahun.

 

BAB III
METODE PENULISAN

 
    Dalam penusunan karya Ilmiah "Pengaruh Internet Terhadap Perkembangan Remaja" penulis menggunakan beberapa metode untuk melakukan dan mendapatkan bahan – bahan yang mendukung karya tersebut.
  1. Metode kepustakaan
    Pengumpulan buku – buku ataupun sumber – sumber yang berkaitan dengan tema dan judul dalam karya tulis sehingga membantu dalam penysunannya.
  2. Metode Observasi ( Pengamatan )
    Pengumpulan data yang berkaitan dengan melakukan pengamatan langsung lingkungan dengan tujuan mengetahui realita yang terjadi di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSIALISASI, BIMTEK DAN PEMBINAAN CABOR FORMI

TANTANGAN FORMI KEDEPAN LEBIH BESAR TERUTAMA  RENCANA PERUBAHAN DARI FEDERASI OLAHRAGA REKREASI MASYARAKAT INDONESIA ( FORMI ) MENJADI KOMIT...