MAPCLUB

Kamis, 24 Januari 2013

Rancangan Penelitian Sosiologi


RANCANGAN PENELITIAN
HILANGNYA ETIKA MORAL DALAM BERITA
OLEH    : NOVIAN ERI KUSUMA ( XII IPS 4 )

 
  1. Latar Belakang
    Berita pada tahun tahun belakangan ini berita menjadi lebih banyak di minati semua masyarakat hampir semua lapisan masyarakat menjadi penggemarnya. Dari golongan masyarakat tak terdidik hingga masyarakat intelektual tinggi mengerti. Itu semua seiring di keluarkanya UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers. Sehingga Pers berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol social yang transparan dan apa adanya tanpa ada pihak – pihak yang yang mengitrefrensi.
    Tetapi dikala melambungnya berita timbul dampak positif dan dampak negatinya dalam kehidupan masyarakat. Yang paling mencolok yaitu hilangnya etika moral dalam berita itu sendiri. Parahnya dalam dampak tersebut masyarakat awamlah yang banyak menjadi korban. Karena masyarakat awam lebih cenderung hanya mengikuti apa yang ada tanpa berfikir panjang lebar.
    Berbagai dampak penyimpangan etika moral berita banyak menghantui mereka dalam berberita, sehingga tidak sering kita melihat dampak – dampak tersebut yang jelas – jelas ada di sekeliling kita.
    Berdasarkan hal tersebut kami akan melakukan penelitian dan memberikan solusi terhadap masalah tersebut dengan menggunakan metode sosiologis, globalisasi, ekonomis, dan manfaat hal tersebut.
  2. Rumusan masalah
    Berdasarkan rumusan diatas, dijumpai masalah sebagai berikut :
    1. Apasajakah dampak hilangnya etika moral dalam berita?
    2. Bagaimanakah etika moral yang seharusnya ada dalam sebuah berita?
  3. Tujuan Penelitian
    Berdasarkan rumusan di atas, tujuan karya ilmiah ini adalah :
    1. Mendiskripsikan dampak hilangnya etika moral dalam berita?
    2. Menjelaskan etika moral yang seharusnya ada dalam sebuah berita?
  4. Manfaat Penelitian
    1. Bagi masyarakat, sebagai dasar dalam memilih berita yang baik dan benar.
    2. Bagi penulis, sebagai acuan dan sarana belajar tentang berita serta sebegai pelengkap nilai tugas akhir Mata Pelajaran Sosiologi.
  5. Tinjauan Pustaka
    Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Berita Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yg hangat. Berita juga informasi yang harus diketahui oleh khalayak umum. Disajakan dalam bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Pada umumnya sebuah berita dijadikan sebagai kontrol, kritik ataupun koreksi yang bersifat membangun pada sebuah peristiwa. Sehingga berita yang baik haruslah Aktual (baru),Penting, Tajam, Terpercacaya dan Transparan.
    Berkenaan dengan berita, sudah di atur dalam UU Nomor 40 tahun 1999 yang menjelaskan tentang pers. Disebutkan bahwa Pers mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. lembaga ekonomi. Kemudian berkewajiban memberitakan peristiwa dan opini dengan menghormati norma-norma agama dan rasa kesusilaan masyarakat serta asas praduga tak bersalah.
  6. Hipotesa
    Informasi yang harus diketahui oleh khalayak umum. Seharusnya sudah memiliki kata – kata yang baik yang sesuai dengan norma ataupun etika yang ada dalam daerah tersebut. Sehingga sudah tidak tidak adanya perdebatan dalam masyarakat.
  7. Batasan Konsep
    Hilangnya Etika Moral Dalam Berita
  8. Metodologi Penelitian
    1. SUBYEK PENELITIAN:
      Dalam penelitian ini subyek penelitian berupa sampel yaitu berita berita yang ada pada media cetak ataupun elektronik.
    2. METODE DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA :
    3. Metode observasi :
      Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan atau lembar observasi yang memuat aspek-sapek yang diamati dari sebuah berita
    4. Metode angket / kuesioner :
      Instrumen yang digunakan adalah pedoman angket, yang memuat petunjuk pengisian angket dan daftar pertanyaan yang akan diberikan kepada responden secara tertulis.
    5. Metode dokumentasi :
      Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi,untuk mengumpulkan dan menganalisis data-data  yang diperoleh dari sumber - sumber yang ada.
METODE PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA
Analisis deskriptif


Download Filenya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOSIALISASI, BIMTEK DAN PEMBINAAN CABOR FORMI

TANTANGAN FORMI KEDEPAN LEBIH BESAR TERUTAMA  RENCANA PERUBAHAN DARI FEDERASI OLAHRAGA REKREASI MASYARAKAT INDONESIA ( FORMI ) MENJADI KOMIT...